Yant Sorghum : Sebuah Inovasi oleh Nur Rahmi Yanti, Wujud Peduli pada Negeri

Nur Rahmi Yanti/ Mbak Yanti, peraih SATU Indonesia Awards 2017

Dialah Nur Rahmi Yanti, perempuan inspiratif asal Lombok, Nusa Tenggara Barat yang akrab disapa Mbak Yanti, yang berhasil mengembangkan tanaman Sorgum menjadi komoditi bernilai jual dan nilai manfaat lebih tinggi dari pemanfaatan awalnya yang hanya dijadikan pakan ternak oleh petani di daerahnya.

Sorgum (Sorghum spp.) merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan kelima setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia selatan dan Afrika sub-sahara. Di Indonesia, daerah pengembangan sorgum cukup luas, di mana saat ini daerah penghasil sorgum meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan sebagian daerah di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sorgum). Beruntunglah Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki sosok Mbak Yanti yang berhasil melahirkan inovasi berbahan dasar Sorgum. Menurut pengalaman Mbak Yanti, sorgum bukanlah sesuatu yang baru, namun telah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia.

Tanaman Sorgum di Mataram (Sumber : https://www.mandalikapost.com/2022/08/distanbun-ntb-siapakan-lahan-untuk.html)

Awal mula Mbak Yanti tertarik mengembangkan Sorgum

Mbak Yanti, lulusan Fakultas Pertanian, Universitas Mataram Jurusan pemuliaan tanaman  ini sering hadir dalam pameran-pameran dan di sana beliau melihat Sorgum seringkali hanya terpampang pada display. Mbak Yanti melihat keunikan dari tanaman tersebut dan tertarik. Menyadari Sorgum  tumbuh banyak di Nusa Tenggara Barat, Mbak Yanti semakin tertantang untuk mengembangkan tanaman ini.

Pada awalnya, sorgum khususnya di Nusa Tenggara Barat hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan bahan pangan pengganti nasi dengan harga jual yang sangat rendah. Berangkat dari kepedulian dengan niat ingin membantu mengembangkan desa, maka di 2017 Mbak Yanti bersama tim dengan modal sendiri mencoba mengolah Sorgum menjadi produk dengan nilai manfaat lebih tinggi. Desa Ijobalit, Lombok Timur merupakan desa pertama yang menjadi sumber awal Mbak Yanti mendapatkan bahan baku sorgum.

Mbak Yanti dan SATU Indonesia Awards

Di tahun 2017 itu pula Mbak Yanti berkesempatan mengikuti kompetisi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards bersaing dengan ribuan pendaftar. Mbak Yanti melaju hingga ke Jakarta dan berhasil menjadi Pemenang Tingkat Provinsi. Berlanjut dari kegiatan tersebut, Mbak Yanti mendapat tawaran untuk menjadi bagian dari CSR (Corporate Social Responsibility) Astra dan akhirnya pada 2018 menandatangi MoU (Memorandum of Understanding) dengan Astra untuk pengembangan Desa Sejahtera Astra (DSA). CSR Astra menantang Mbak Yanti untuk bisa melakukan pengembangan tidak hanya di satu desa. Oleh Mbak Yanti pengembangan diawali melalui 2 desa yang kini telah merambah menjadi 22 desa dengan 1000 petani dengan jumlah produk yang dikembangkan hingga tahun 2023 sebanyak 25 produk. Setiap produk menurut Mbak Yanti telah dipetakan sumber bahan bakunya, sudah ditentukan berasal dari desa tertentu sehingga dapat mencukupi kebutuhan untuk masing-masing produk.

Inovasi melalui Yant Sorghum Menjadi Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia

Yant Sorghum merupakan brand yang dibangun oleh Mbak Yanti dan tim. Awalnya bernama Yanti Bakery kemudian dengan melihat fokus produk adalah berbahan dasar Sorgum maka diputuskanlah memberi nama Yant Sorghum, karena memang Mbak Yanti lah yang sedari awal mengembangkan Sorgum. Di tangan Mbak Yanti, Sorgum telah menjelma menjadi puluhan jenis produk. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki Sorgum menjadikan produk ini bisa bersaing dengan produk lain yang sejenis. Sorgum diketahui kaya akan vitamin dan mineral, serat, bebas gluten, serta  memiliki indeks glikemik yang rendah yang cocok bagi diet rendah kalori, juga untuk penyakit diabetes. Mbak Yanti melalui CV. Yant Sorghum telah berinovasi menghasilkan produk, tidak terbatas pada beras sorgum, tepung sorgum, cookies dan gula, namun juga produk dengan keunikan dan nilai manfaat yang semakin tinggi antara lain Puff Sorghum, Roll Sorghum, Chips Sorghum, Mie Instan Sorghum, Sorghum Chips Onion, Jipang Sorghum, Edible Spoon & Fork Sorghum, Healthy Sorghum Detox Water, Milk Sorghum Coconut, Cheese Sorghum Vegan, Tempe Sorghum, hingga Honey Detox Soghum (Sumber : Yant Sorghum Product Catalog).

(Sumber : Yant Sorghum Product Catalog)

Meski pada 2018 saat gempa menerpa wilayah Nusa Tenggara Barat, Yant Sorghum mengalami kerugian dan menjadi titik terendah bagi Mbak Yanti, namun dengan keyakinan dan keteguhannya serta dukungan dari Astra, Mbak Yanti dapat bangkit kembali. Kini, Yant Sorghum telah merambah pasar internasional, produknya telah diekspor ke beberapa negara seperti Malaysia dan Turki dan jauh lebih dikenal dibanding di tempat asalnya di Nusa Tenggara Barat. Lebih utama lagi telah memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya petani di Nusa Tenggara Barat. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa Yant Sorghum telah menjadi semnangat untuk hari ini dan masa depan Indonesia.

Mbak Yanti telah menjadi inspirasi yang menggabungkan suara hati, keilmuan, dan kerja keras menjadi bentuk nyata kepedulian pada negeri.

Author: diyahifada

A daughter, an aunty, a longlife learner, left my heart in Makassar and Bandung. Currently living in Mataram, West Nusa Tenggara.

One thought on “Yant Sorghum : Sebuah Inovasi oleh Nur Rahmi Yanti, Wujud Peduli pada Negeri”

  1. Ada banyak cara mencintai indonesia salah satunya dengan menjadi lentera penerang jalan banyak orang. Mbak Yanti salah satunya. Sorgum adalah bentuk cintanya untuk Indonesia.

Leave a comment