Tes Kemampuan Bahasa Inggris secara online ? Untung ada internet dari IndiHome

Program Kampus Merdeka yang merupakan bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) diimplementasikan dalam banyak sekali kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya dilaksanakan di dalam negeri tetapi juga di luar negeri, baik berupa magang industri, pelatihan  singkat (Short course), pertukaran pelajar, dan masih banyak bentuk lainnya. Khusus bagi program yang dilakukan di luar negeri, salah satu persyaratan yang pasti diminta adalah hasil tes kemampuan Bahasa Inggris.

Tes kemampuan Bahasa Inggris yang sudah sangat familiar seperti TOEFL (PBT maupun iBT) dan IELTS adalah dua tes yang paling banyak digunakan, diterima, dan dijadikan persyaratan oleh lembaga atau pihak penyelenggara kegiatan. Selain itu tentu masih ada jenis tes lainnya, misalnya tes dari Duolingo Englist Test (DET). Kenapa saya memilih menggunakan DET? Alasan sederhana ya karena saat itu hasil tes TOEFL saya sudah expired , sedangkan saya butuh hasil tes yang masih berlaku untuk mendaftar sebuah program pendampingan studi Doktoral bagi para dosen yang akan melanjutkan S3 (nama kegiatannya Talent Scouting). Saya beruntung sebab di antara deretan persyaratan kemampuan Bahasa Inggris, hasil tes dari Duolingo bisa digunakan untuk mendaftar kegiatan tersebut bersaing dengan TOEFL, IELTS dan beberapa tes lainnya. Sebelumnya saya mengenal Duolingo karena sering menggunakan aplikasinya di smartphone untuk belajar berbagai Bahasa, namun saya belum pernah menggunakan DET untuk keperluan tes kemampuan Bahasa Inggris. Berhubung saya sangat ingin mendaftar kegiatan tersebut, maka segeralah saya berselancar mencari segala sesuatu tentang Duolingo English Test. Saya tahu saya gak mungkin bisa mendapatkan hasil tes TOEFL maupun IELTS dalam waktu yang relatif singkat, tentunya selain biayanya cukup besar untuk IELTS dan TOEFL iBT (DET biayanya lebih murah), di daerah saya di Mataram, Lombok tidak mudah menemukan tempat yang bisa melaksanakan tes tersebut setiap saat. Sementara batas akhir pendaftaran kegiatan tinggal satu minggu.

Berjodoh dengan Duolingo English Test (DET)

Pencarian saya dengan memanfaatkan internet dari IndiHome yang cepat dan lancar jaya berujung kabar gembira tentang DET. Singkatnya DET ini adalah layanan tes kemampuan Bahasa Inggris yang dapat dilakukan dengan mudah, murah, dan cepat dari mana pun. Ya, dari rumah ataupun kantor bisa selama kita memiliki koneksi internet yang stabil, karena tesnya dilakukan secara online dan mandiri. Saya benar-benar seperti mendapat jalan keluar untuk bisa mendaftar program Talent Scouting. Semua informasi tentang DET saya peroleh dengan memanfaatkan kemudahan yang dihadirkan oleh internet. Mulai dari baca-baca artikel tentang DET, masuk ke situs resmi Duolingo English Test, nonton video-video tips and trick di youtube, bahkan saya menemukan satu channel yang memang khusus mengupas soal-soal di DET. Saya benar-benar puas mendapatkan segala informasi terkait DET ini, selancar seharian tanpa ada kendala karena Internet Provider yang dipakai di rumah kami memang seasyik itu. Meski saya bukan konten kreator tapi saya adalah orang yang mendapat manfaat dari para konten kreator tersebut, dan tentu saja keberadaan IndiHome dari Telkom Indonesia semakin memudahkan akses kami-kami yang membutuhkan ini.

Kenalan dengan Duolingo English Test

Nah buat yang baru dengar tentang Duolingo English Test, jadi DET ini adalah tes kemampuan Bahasa Inggris yang dikembangkan oleh sebuah perusahan di bidang teknologi pendidikan dan telah diluncurkan sejak 2016 (Wikipedia). Hasil tes DET telah dipakai dan diterima oleh banyak Universitas untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris. Kampus-kampus di Amerika Serikat juga beberapa kampus UK menerima hasil tes DET. Bagian yang paling menyenangkan adalah tes dari DET dapat dilakukan secara online. Di website resmi DET juga tersedia layanan untuk berlatih yang dapat diakses berkali-kali secara gratis sehingga calon peserta bisa membiasakan diri dengan bentuk soal ujiannya. Hasil tesnya akan diterima dalam waktu 2×24 jam. Bagi saya yang saat itu sangat butuh tes yang cepat dan mudah dilakukan maka DET sungguh luar biasa.

Berbekal sisa waktu yang tidak banyak (saat itu batas pendaftaran sisa 5 hari) maka saya menyusun strategi untuk mengikuti tes ini. Dua hari pertama saya gunakan untuk latihan, hari ketiga ujian, dan sisanya dua hari ke depan menunggu hasil tes, sehingga saya masih sempat mendaftar di hari terakhir. Latihan soal-soal saya lakukan secara intensif selama dua hari pertama. Setiap sore hingga malam hari saya berlatih untuk melihat sudah sejauh mana kemampuan saya memahami model ujian di DET. Tentu saja hal ini akan sulit saya lakukan jika tidak disertai koneksi internet yang bagus. Penting banget untuk selektif dalam memilih Internet Provider, makanya saya gak nyesel sedari dulu di rumah sudah menggunakan IndiHome dari Telkom Indonesia. Pas keadaan kayak gini kan jadi sangat-sangat terbantu.

Alhamdulillah, berhasil daftar Talent Scouting dengan DET

Jadi bagaimana hasil tesnya? Alhamdulillah, setelah 2 hari latihan, hari ketiga menjalani tes, 2×24 jam kemudian hasilnya muncul dan yaaaa nilai tes saya melampaui standar minimal yang menjadi persyaratan pendaftaran, senang sekaligus haru. Total waktu mengerjakan tes nya seingat saya sekitar 2,5 jam, full online, saya menyiapkan diri di satu ruangan khusus dan sudah pesan ke semua keluarga, jangan ada yang manggil-manggil dulu sampai saya keluar sendiri setelah tes selesai. Bagian terpentingnya tentu saja adalah koneksi internet yang mumpuni, namanya tes online, mandiri pula, maka Internet provider yang andal adalah kunci.

Sertifikat hasil tes di Duolingo English Test

Satu kali mendayung, dua tiga pulau terlampaui

Niat saya ikut DET saat itu adalah untuk mendaftar Talent scouting, ternyata sebulan kemudian saya dapat info tentang pendaftaran Program Peningkatan Kompentensi Dosen Vokasi yang salah satu kegiatannya adalah pelatihan di Luar Negeri. Saat mendapat info tersebut, waktu pendaftaran tinggal 3 hari, ya ampun antara kaget tapi juga excited dan tahukah teman-teman bekal hasil tes DET ini pula yang turut mengantar saya sampai ke Rhode Island, USA, benar-benar sekali mendayung bisa melewati 2 sampai 3 pulau. Berasa banget ya manfaatnya internet, saya dari gak tau apa-apa tentang DET, jadi bisa sampai ke titik ini, ke belahan bumi yang jauh banget dari rumah. Alhamdulillah.

Author: diyahifada

A daughter, an aunty, a longlife learner, left my heart in Makassar and Bandung. Currently living in Mataram, West Nusa Tenggara.

Leave a comment