Aneka resep ala anak kosan

#edisimasakpakaimulticooker

Awal tinggal di kosan setiap mau makan mesti jajan ke luar, beli lauk. Nasi adasih, kan punya rice cooker. Tapi, lama-lama bosan juga. Inginnya makan masakan sendiri. Ingin masak tapi malas punya kompor karena bakal rempong padahal disediakan space untuk dapur. Berbekal lihat-lihat dan nanya dari teman kosan yang bisa masak tanpa perlu dapur, saya pun memutuskan untuk membeli multi cooker (jadi teman saya itu masak pakai multi cooker) yang pada awalnya diniatkan hanya untuk masak sayur, rebus telur atau masak in**mie. Ini dia penampakannya :

Masa-masa awal pakai alat ini yang dimasak itu-itu aja, sayur bening lah, rebus telur lahhhh, boseeeeen…pingin ngegoreng telur takut alatnya rusak gegara multi cooker punya teman kamar sebelah gagal dipakai menggoreng. Terus iseng2 kalau minyaknya dikit aja mungkin gak rusak, akhirnya dicobalah bikin tumisan dan sup, dan ternyataaaa………..

B  E  R  H  A  S  I  L …… sodara-sodara….

bikin tumisan, di awali dengan menumis bawang-bawangan

bikin tumisan, di awali dengan menumis bawang-bawangan

pas yang ada toge dan sawi, jadilah tumis toge sawi

pas yang ada toge dan sawi, jadilah tumis toge sawi

tadaaa, inilah hasil pertama kali bikin tumisan makai

tadaaa, inilah hasil pertama kali bikin tumisan makai “mc”

ini bahan-bahan untuk bikin sup *pakai udang nih

ini bahan-bahan untuk bikin sup *pakai udang nih

enak kan? enak kan? *surga dunia banget ini mah

enak kan? enak kan? *surga dunia banget ini mah

Nah, setelah berhasil masak tumisan dan sup, suatu hari saya coba-coba masukin minyak dalam jumlah agak banyak dibanding minyak untuk tumisan, setelah minyak cukup panas lalu saya masukkkan telur yang sudah dikocok, dan tak lama kemudian, jadilah telur dadar yang harum dan nikmat…huahhhh

alhamdulillah, bisa dipakai goreng telur *seneuaeeeng buangeettt

alhamdulillah, bisa dipakai goreng telur *seneuaeeeng buangeettt

bisa makan kayak gini luar biasa nikmatnya, kebayang dong beli di warung bisa bayar 6000-7000an

bisa makan kayak gini luar biasa nikmatnya, kebayang dong beli di warung bisa bayar 6000-7000an

Hmm, keberhasilan telur dadar membuat saya berpikir untuk bikin nasi goreng, heheheh, maka di suatu pagi yang cerah, saya lapar. Saya pun mengecek status rice cooker dan di dalamnya nampak masih ada sejumlah nasi yang sepertinya ada dalam jumlah yang adekuat untuk dipakai sarapan pagi ini. Nasi itupun saya olah menjadi sepiring nasi goreng, dengan tambahan telur yang orak-arik, irisan wortel lalu dimakan dengan kerupuk #kenyang

sarapan nasi goreng

sarapan nasi goreng

mau???

mau???

Lebih dari ini semua, nyatanya multi cooker ini bisa dipakai untuk berbagai tujuan masak ( ya iyalahhh, makanya diberi nama multi cooker ). Saya telah mencoba menggoreng ikan asin ( berhasil, namun kurang nikmat, saya pikir kesalahan terletak pada ikannya ), bakar roti ( this is my favorite –> enak banget ) dan bikin egg sandwich ( karena ternyata bisa juga dipakai goreng telur mata sapi ), semuanya enak dan insya Allah halalan thayyiban. Aamiin.

ini nih double cheese egg sandwich yang top banget, roti yang diolesi mentega dibakar, telur nya digoreng mata sapi

ini nih double cheese egg sandwich yang top banget, roti yang diolesi mentega dibakar, telur nya digoreng mata sapi

goreng ikan asin ( ikannya yang tipis2 aja )

goreng ikan asin ( ikannya yang tipis2 aja )

favorite bangettt, enaks

favorite bangettt, enaks

gimana? kalian tertarik punya multi cooker di kamar kos kalian? atau emang udah punya?

Pokoknya punya alat ini gak rugi lah, bisa masak sambil santai-santai, bisa makan enak yang murah dan sehat tentunya. Bisa bikin macam-macam pula. Sebenarnya sih  masih banyak banget masakan yang bisa dibuat. Bikin jelly atau puding juga bisa, cuma saya sih rada males, hehe.

Oke, cukup ya posting foto-foto makanannya. See you.

Bandung, 8/5/2015

Advertisements

6 thoughts on “Aneka resep ala anak kosan

  1. Kak diyah..waktu baca artikel ini berasa familiar ama alat2 masak dan background hello kitty nya..mantan tetangga kostan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s